Sepeda Motor


Pemasangan  HH2 Drycell pada Motor Honda Supra X.PGM-FI dan Honda REVO.

HH2 Drycell adalah generator HHO yang disempurnakan dengan menambahkan membrane sebagai separator, menghasilkan gas Hydrogen dan Oxygen digunakan untuk meningkatkan oktan BBM.untuk menaikkan performa mesin.
Dengan bertambahnya oktan akan menyempurnakan pembakaran , efisiensi kerja mesin lebih baik,mesin lebih dingin,emisi gas buang lebih bersih, tosi dan power meningkat tarikan lebih ringan ,sehingga dengan konsumsi bbm yang sama  akan didapat penambahan jarak tempuh (kilometer/liter); HH2 /hydrogen bukan sebagai pengganti bbm,hydrogen hanya sebagai supplement untuk peningkatan efisiensi pembakaran dan penghemat bbm (fuel saver) dengan menambah HH2 waktu ignitasi akan bertambah beberapa derajat setelah TMA sehingga seluruh bbm terbakar sempurna.
Pada saat sekarang tehnologi Motor semakin maju sudah banyak product motor yang memakai system pengaturan pembakaran dengan ECU /computer seperti Honda Supra X PGM-FI, Yamaha V-xion, Suzuki Shogun, dengan tujuan peningkatan efisiensi kerja mesin,menepatkan air fuel ratio sesuai kebutuhan’
Motor yang sudah menggunakan computer tidak dapat dimasuki HHO pada system bahan bakarnya, karena sensor2nya akan mendeteksi adanya tambahan Oxygen sehingga computer memerintahkan merubah campuran udara dan bensin  pada injectornya, yang bisa jadi konsumsi bbm nya tidak bertambah irit malah akan lebih boros, tetapi dengan menambahkan Hydrogen computernya tidak akan terpengaruh sama sekali, karena memang tidak terdapat sensor Hydrogen, Oxygennya bisa  juga dimasukkan lewat air intake/saluran udara melalui filter atau dibuang ke udara bebas.
Penghematan bbm yang akan didapat dengan hh2 pada setiap motor tidak akan sama,karena masing masing berbeda kondisi,cara mengemudi,dan efisiensi yang telah dicapainya, rata rata akan bertambah antara 20-50%.
Motor dengan Carburator bisa ditambah HHO maupun HH2,karena motor dengan carburator tidak terdapat sensor sensor, perlu diketahui dengan memasukkan O2 akan menambah tenaga/power .

Persiapan pemasangan.
Satu unit Drycell terdiri dari Generator Drycell, 2 tabung cairan katalis, Dioda silicon peyearah arus listrik, slang karet/plastic.
Letak masing masing seperti pada gambar /foto, sebelum memasang peralatan HH2 Drycell sebaiknya speda motor dilepas plastic plastik penutupnya biar lebih mudah ,pada bagasi (bawah jok) buat lubang untuk lewatnya slang,kearah samping depan, kemudian cari kabel lampu depan disambungan (socket) dari mesin, ada 4 kabel dalam cover karet, bisanya yang ke lampu besar berwarna cerah ,putih atau kuning, dengan motor dihidupkan, coba kabel2 tersebut salah satu dihubungkan/ di short kan ke body (ground) sebentar saja untuk melihat arah listriknya kemana, dengan ditunjukkan lampu depan mati kalau kabelnya dihubung singkat ke chasis/body motor.
Listrik untuk lampu depan adalah AC, setelah ketemu kabel lampu depan sambungkan Dioda Silikon dengan menancapkan kabelnya (warna kuning) ke socket kabel lampu atau kalau sulit ya dikupas saja dan sambungkan, ujung diode diasambung ke drycel (kabel merah) kabel hitam drycel dibautkan ke salah satu tempat di mesin/body.
Pada drycell ada 4 nepel  yang diatas, keluarnya gas H2 dan O2, sedang dibawah untuk masuknya larutan katalis dari tabung reservoir yang berada lebih tinggi dari drycel (dibagasi), ditabung katalis ada 3 nepel, yang dibagian bawah untuk kembalinya larutan katalis ke drycel, yang tengah tempat masuknya gas dan air, dan yang diatas keluaran gas H2 melalui slang ke air flow saluran udara masuk lewat throtle /skep sedangkan O2 bisa dibuang atau dimasukkan juga ke saluran udara atau filter.

Cara memasukkan H2 dan O2 ke system pembakaran.
Slang dari tabung H2 masukkan ke karet saluran udara carburator upayakan ujungnya dekat dengan throttle/skep, O2 bisa dimasukkan untuk menambah tenaga, lewat ruang filter udara atau saluran udara setelah filter.

Larutan Katalisator.
Larutan ini berfungsi sebagai sarana penghantar arus DC yang membuat proses Elektrolisa berjalan, (menghasilkan gas H2 dan O2), terdiri dari Kalium Hydoxida (KOH) dan air murni /air destilasi bisa dipakai Aquades beli di Apotek atau air penambah Air Accu (bukan accu zuur) ditoko peralatan mobil/motor,harganya lebih murah dari pada Aquades.
Perbandingannya adalah 1 liter air dengan 10-15 gram KOH atau 1 sendok makan , setelah larut dan pemasangan sudah benar masukkan katalis ke salah satu tabung reservoir pelan2 sampai permukaan masing masing mencapai 1/3 volume tabung atau kurang dari 1/3, atau sampai batas bawah tabung  jangan sampai berlebihan, tutup rapat 2  terutama pada tabung H2 agar tidak terjadi kebocoran.
Tabung gas yang kami desing untuk gas H2 tutup tabung ada sield karet, sedang untuk O2 tanpa shield hanya ada ring pada nepelnya.

Uji coba dilakukan dengan melihat gelembung gas yang dihasilkan drycel, masukan ujung slang dari tabung ke tempat /gelas atau botol terbuka yang terisi air sabun, dan hidupkan mptor , setelah masing masing timbul gelembung udara, sulut dengan korek , pada gelembung H2 akan menyala dengan ledakan kecil dan kelihatan api, pada gelembung O2 tidak terbakar, dari uji coba ini bisa diketahui mana outputnya H2 dan O2, sehingga mempermudah mengarahkan ke titik input dimana H2 maupun O2 akan bercampur dengan udara dari filter,dan bensin, atau O2 dibiarkan saja ke udara bebas.
Terjadinya gelembung gas juga bisa dilihat pada slang dari drycel terjadi aliran air dan gas menuju ke tabung, untuk lebih meyakinkan kalau H2 terbentuk coba ujung slang H2 diberi pipa logam (temaga atau lainnya) kemudian nyalakan dengan korek akan kelihatan api keluar,setelah selesai test ditempat, bisa dilanjutkan test drive.
Yang akan dirasakan pertama kali ialah tenaga dan accelerasi/tarikannya,penghematan akan kelihatan makin bertambah setelah beberapa kali pengisian bbm sampai batas sesuai tingkat efisiensi maksimal motornya,dan tidak kalah pentingnya ialah cara kita berkendara,kondisi di jalan yang sering macet juga sangat menentukan efisiensi bbm.

HH2- Hydrogen,  Driving clean,  Driving Green








Tidak ada komentar:

Posting Komentar